Motor

Kenali Kendalanya, Inilah 5 Ciri-ciri Oli Motor Harus Diganti

Oli mesin sangat berpengaruh terhadap performa dan kinerja mesin. Oleh karena itu kamu harus rutin. Lalu apa saja ciri-cirinya ?

kualitas oli pun bis menurun seiring dengan penggunaaa, Supaya oli bisa terus melindungi komponen mesin dengan baik, maka harus dilakukan penggantian secara berkala.

Berikut Adalah 5 Tanda Kendaraan Kamu Harus Ganti Oli

Simak artikel ini sampai habis ya, biar kamu lebih tau ciri-ciri kondisi kendaraan kamu.

1. Jarak Tempuh Sudah Melebihi dari 4.000 KM

Pergantian oli mesin merupakan hal yang sangat wajib dilakukan. Hal ini dilakukan agar motor menjadi terawat dan dapat memberikan performa yang baik bagi kendaraan yang dipakai.

Umumnya motor ganti oli ketika jarak tempuh sudah 4.000 km, itulah yang biasa disarankan oleh buku service manual kendaraan.

2. Mesin Motor Terasa lebih Panas

Ciri-ciri selanjutnya yaitu, mesin terasa lebih panas dari biasanya. saat kondisi oli memburuk, daya hantar panasnya juga berkurang. inilah yang menyebabkan panas menjadi tidak rata.

Bila mesin terasa jauh lebih panas dari biasanya. bisa jadi itulah waktu yang tepat untuk mengganti oli kendaraan kamu.

Baca Juga : Tidak Perlu Bore Up, Begini Upgrade CVT Honda Beat Street

3. Suara Mesin Kasar

Suara yang kasar pada mesin transmisi diakibatkan karena kualitas oli mulai menurun mengakibatkan daya lumas terhadap mesin ikut terganggu.

Bila kamu mendapati suara mesin motor terasa lebih kasar dari sebelumnya, maka segeralah ganti oli kendaraan kamu dengan oli yang baru.

4. Volume oli Berkurang

Volume oli yang ada pada sepeda motor dengan kapasitas 150 cc kebawah, rata-rata dibawah 1 liter. Tetapi, volume tersebut bisa berubah seiring dengan bertambahnya pemakaian mesin.

Bagaimana cara mengecekknya ? kamu cukup posisikan kendaraan kamu dengan standar tengah. lalu buka tutup oli. Bila sudah terbuka, angkat penutup oli sampai keluar.

lihatlah bagian penutup oli yang terkena oli. di sana ada batas rekomendasi pada tutup oli, jika masih dalam batas rekomendasi tersebut. maka belum waktunya untuk ganti oli. Jika dibawah batas rekomendasi segeralah ganti dengan oli baru.

5. Warna Hitam Pekat dan Encer

Pada umumnya oli berwarna kuning atau biru. Namun ketika sudah digunakan kadang warna berubah menjadi hitam.

Hal ini dikarnakan oli tersebut sudah terkontaminasi dengan banyak zat yang bisa mempengarui fungsi dan warna pada oli tersebut.

Hal tersebut berarti kondisi sudah tidak baik dan harus diganti dengan yang baru.

Nah, Kalau kamu sudah mendapati seperti di atas, maka sudah waktunya motor diganti dengan yang baru.

itulah tadi 5 tanda kendaraan kamu harus ganti oli. Sekarang kamu sudah tau kan ?Jangan sampai telat ganti oli ya guys, agar motor kamu tetap dalam keadaan prima.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top