Mobil

Inilah Cara Membuat dan Memperpanjang SIM Online

SIM adalah Surat Izin Mengemudi wajib dimiliki oleh penguna kendaraan sebagai tanda bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalulintas dan keterampilan mengemudi.

SIM dibagi beberapa Jenis, yakni SIM A, B dan C. Namun seiring berjalannya waktu, mulai ada perubahan yang dilakukan agar bisa mengikuti perkembangan zaman. Sekarang sudah ada SIM D dengan golongan D2 penyadang Khusus disabilitas roda empat,

Masa berlaku SIM adalah 5 tahun dimana jika masa berlakunya sudah habis SIM wajib diperpanjang dan datang kegerai Perpanjangan SIM, tapi kali ini Polri meluncurkan Aplikasi Perpanjangan SIM secara online. Aplikasi tersebut bernama SINAR bagi masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang SIM tidak perlu antri.

Saat ini Aplikasi SINAR hanya bisa dipakai oleh pengguna Android saja dan kedepannya akan mengusul untuk pengguna iPhone.

Berikut Adalah Cara Membuat dan Memperpanjang SIM Secara Daring Melalui Aplikasi SINAR

Yuk, simak sampai habis cara pembuatan dan perpanjangan SIM secara online.

  1. Unduh Aplikasi “Digital Korlantas Polri” memalui Google Play.
  2. Masukan nomor ponsel dan e-mail untuk verifikasi identitas. kamu akan mendapatkan nomor OTP yang menjadi bukti verifikasi pengguna.
  3. Masukan NIK berserta nama lengkap sesuai dengan KTP yang akan di-Upload untuk diverifikasi melalui face recognition.
  4. Untuk perpanjangan SIM A dan C, pengguna pilih icon ‘SINAR’ lalu pilih perpanjangan SIM.
  5. Pilih golongan yang ingin diperpanjangan.
  6. Unggah foto KTP, SIM, tanda tangan, dan pas foto dengan dilengkapi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi.
  7. Pemerikasaan psikologi dan kesehatan diajukan melalui aplikasi tersebut. Kamu melakukan pemeriksaan melalui e-rikkes atau elektronik pemeriksaan kesehatan dengan memiliih menu registrasi dan masukan NIK dan foto selfie.
  8. Kamu mendapatkan booking code yang ditunjukan saat kunjungan ke dokter. Adapun rekomendasi dokter pada aplikasi SINAR adalah dokter yang sudah diberikan rekomendasi oleh Pusdokkes Polri.
  9. Dokter akan melakukan hasil pemeriksaan pada aplikasi e-rikkes. Apabila kamu memenuhi syarat, maka hasil test akan terkirim secara otomatis. kalau tidak memenuhi syarat, perpanjangan SIM gagal. Hal itu juga berlaku untuk psikotes.
  10. Apabila SIM sudah berhasil diperpanjangan, pemohon memilih metode pengiriman, yakni diambil sendiri sesuai Satpas yang dipilih atau menggunakan jasa pengiriman.
  11. Melakukan pembayaran melalui Virtual account BNI.
  12. SIM dicetak dan diterima pemohon sesuai metode pengiriman.
  13. Konfirmasi SIM telah diterima.

Baca Juga : Harga Mobil Bekas Dibawah 50 Juta Terlaris

Nah, Begitulah cara membuat dan perpanjang SIM secara daring atau Online melalui aplikasi SINAR. Jika kamu memiliki kritik dan saran tinggalkan dikolom komentar ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top